Semarang, 22 Maret 2023 – Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan acara Benchmarking Kompetensi (BM) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menggali potensi mahasiswa dalam bidang kepemanduan wisata. Acara yang diikuti oleh 90 peserta terdiri dari mahasiswa jurusan MD angkatan 2020 dan beberapa mahasiswa jurusan Manajemen Haji dan Umrah (MHU) ini dilaksanakan di Laboratorium Dakwah (Labda) selama dua hari, tanggal 20 hingga 21 Maret 2023. Acara BM dipandu oleh Tim Genperisai dan dibawakan oleh Master of Ceremony, Shodiqin, S.Sos.

Acara ini dibuka oleh Kepala Jurusan Manajemen Dakwah Dr. Hj. Siti Prihatiningtyas, M.Pd. dan di lanjutkan dengan sambutan oleh Ketua DPP Genperisai, Robby Satrio Wibowo, S.Sos.I. Dilanjutkan dengan doa oleh Sekretaris Jurusan Manajemen Dakwah FDK UIN Walisongo Semarang, Bapak Dedy Susanto, S.Sos.I, M.S.I.

Dalam acara BM ini, peserta mendapatkan pemaparan materi yang disampaikan oleh beberapa narasumber, di antaranya Faris Anandozkie tentang Public Speaking for Tourist Guide, bapak Robby mengenai Travel Dokumen dan SOP Pramuwisata, serta bapak AB. Santosa yang membahas Teknik Guide. Setelah pemaparan materi tersebut, peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok didampingi oleh mentor dari Tim Genperisai untuk melakukan praktik menjadi pemandu wisata profesional dengan melakukan Opening, Guiding, dan Closing pada Tour Guide.

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Aprinyati Wulandari, S.Pd. atau yang biasa dipanggil Miss April, mengenai Travel Dokumen dan Service Excellent. Dalam materi ini, Miss April menjelaskan beberapa unsur kualitas pelayanan prima, seperti penampilan, tepat waktu, personaliti, responsif, dan lain sebagainya. Miss April juga membahas mengenai manajemen complain, di mana peserta dapat belajar mengenai bagaimana cara menghadapi bila ada tamu atau customer yang komplain.

Di hari kedua ini, peserta juga dibagi menjadi 6 kelompok dan didampingi oleh mentor masing-masing. Mereka berkesempatan untuk praktik sebagai Tour Guide yang profesional dengan melakukan Opening, Guiding, dan Closing. Untuk memeriahkan acara, para mentor memilih salah satu anggota dari grub tersebut untuk tampil dalam “Tour Finalist Competitions” untuk memperebutkan gelar “The Best Performance Tour Guide” pada acara kali ini. Gelar tersebut berhasil diraih oleh Toni Sagita Permana, mahasiswa MD-C6.Acara Benchmarking Kompetensi ini ditutup dengan Closing Ceremony yang dibawakan oleh Bapak Heri Nur Hadi, S.Sos.I

Categories: Berita