(05/10/2021) Program Studi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Ampel Surabaya, adakan kunjungan study banding ke Program Studi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang.

Dekan FDK UIN Walisongo Semarang, Dr. H. Ilyas Supena, M.Ag mengawali sambutan ucapan selamat datang kepada tim rombongan dari Prodi MD UIN Sunan Ampel dengan memperkenalkan para pimpinan dan para dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi khususnya Program Studi Manajemen Dakwah yang hadir.

Dalam suasana yang hangat dan kekeluargaan, dekan menyampaikan kebahagiaannya atas kunjungan tim Prodi MD FDK UIN Sunan Ampel Surabaya untuk melakukan studi banding dengan Prodi MD FDK UIN Walisongo Semarang. “Sungguh luar biasa, FDK UIN Walisongo mendapat kunjungan dari UINSA Surabaya khususnya prodi MD ini yang juga sekaligus bisa bersilaturrahim.

Dekan FDK UIN Walisongo menyambut baik adanya studi banding antara Prodi MD UIN Sunan Ampel Surabaya dengan Prodi MD UIN Walisongo. Ilyas menegaskan bahwa saat ini, bukan lagi eranya saling berkompetisi tetapi perlu kolaborasi. “Saya pikir ini menjadi keluarga bersama di PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri), sehingga bisa saling sharing ilmu dan pengalaman untuk memperkuat masing-masing institusi bahkan memungkinkan bisa diadakannya kolaborasi penelitian antar fakultas/prodi nantinya”, lanjutnya.

Dekan FDK juga menguraikan sejarah singkat prodi MD, di mana dalam perkembangannya saat ini, Prodi MD memiliki konsentrasi Manajemen Pariwisata Islam yang menjadi branding dan favorit bagi para mahasiswa untuk memilih prodi MD. Bahkan FDK menjadikan prodi MD UIN Walisongo sebagai pilot project dalam menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah dalam merintis desa wisata tahun 2021 ini. “Sehingga bisa jadi branding Pariwisata Islam yaitu MD FDK UIN Walisongo”, tandas Ilyas. Lebih lanjut, Dekan FDK mengatakan bahwa kerja sama dan networking untuk pengembangan institusi dan program studi perlu dilakukan sebagaimana filosofiKumpulan orang biasa yang terkoneksi jauh lebih hebat dibanding orang jenius yang terisolasi”

Sementara itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen Dakwah FDK UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I., M.Pd. mewakili tim studi banding merasa sangat bahagia, karena disambut meriah oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Arif mengawali sambutannya dengan berpantunria dan ice breaking untuk mencairkan suasana sehingga lebih akrab. Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan tim studi banding dari Prodi MD FDK UIN Sunan Ampel Surabaya. “Kami dari prodi MD FDK UIN Sunan Ampel Surabaya dalam rangka silaturrahim dan sharing untuk studi banding program-program kegiatan dengan prodi MD FDK UIN Walisongo Semarang”. Kata Arif menyampaikan maksudnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan JOINT FGD (Focus Group Discussion), untuk saling sharing program kegiatan akademik dan program kegiatan mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah masing-masing.

Dalam agenda kunjungan ini, disepakati penandatangan kerja sama antara prodi MD FDK UIN Sunan Ampel Surabaya dengan UIN Walisongo Semarang dalam agenda beberapa program kegiatan bersama.

Categories: AdminMD