Mahasiswa Manajemen Dakwah perkuat skill pemandu wisata melalui Benchmarking (BM). Benchmarking Kompetensi ini dilaksanakan di Taman Wisata Alam Posong Temanggung mulai Jum’at 24 September 2021 sampai Sabtu 25 September 2021 dengan dipandu oleh Tim Genperisai.
Kegiatan yang digelar selama 2 hari ini, diawali dengan pembagian peserta menjadi 4 kelompok, Masing-masing kelompok yang terdiri dari 9-10 orang ini didampingi oleh mentor guiding oleh Tim Desa Wisata Posong Temanggung. Semua peserta dibimbing untuk pematangan skill teknik guiding, kemudian semua berkesempatan mempraktekan teori-teori teknik guiding yang sudah diberikan dari Tim Genperisai. Selanjutnya masing-masing kelompok, dipilih 2 peserta terbaik untuk mengikuti Tour Guide Contest memperebutkan beberapa kategori kompetisi pada malam harinya.
Keesokan harinya, di hari kedua peserta mengawali hari dengan eksplore “negeri di atas awan” menikmati indahnya sunrise di Taman Wisata Alam Posong. Kemudian dilanjut dengan kegiatan Outbond Game Building untuk melatih fokus, kecepatan, dan solidaritas team work. Adapun materi di hari kedua ini, peserta dijelaskan tentang teknik membuat kopi.


Benchmarking Kompetensi MD Semester Gasal 2021/2022 ini dikunjungi Dekan beserta beberapa pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo. Dekan FDK, Dr. H. Ilyas Supena, M.Ag mengatakan bahwa banyak sisi positif yang bisa dilihat dari kegiatan benchmarking kompetensi ini. Karena mahasiswa mendapatkan pengalaman dan praktek tentang teori-teori yang tidak ditemukan ketika di bangku perkuliahan.

“Apa yang didapatkan di kegiatan benchmarking ini merupakan bagian dari salah satu kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa” Tegas Ilyas.
Dalam acara kunjungan Dekan beserta pimpinan FDK ini, Shiddiq salah satu mahasiswa menyampaikan kesannya selama mengikuti BM selama 2 hari di Wisata Alam Posong “Acara benchmarking ini, ternyata banyak sekali pengalaman positif yang kita dapatkan, dan itu di luar dari apa yang kita bayangkan sebelumnya” Kata Shiddiq. “Meski kita mengikuti benchmarking dengan suasana campboot, ternyata asyik dan seru”. Lanjutnya.


Tim pemandu benchmarking kompetensi mengumumkan pemenang Tour Guide Contest pada malam Gala Dinner. Predikat The Best Tour Guide diraih oleh Azka Wildani, sedangkan Abdur Rofiq sebagai The Best Performance, sementara Ahmad Shiddiq Al-Arif sebagai The Best Creative Tour Guide. Adapun The Best Group Performance diraih oleh kelompok 4 yang dimentori oleh Nanang Septiaji.

Reporter : Uswatun Niswah

Categories: AdminMD